Wilcoxon Signed Rank Test adalah uji nonparametris untuk mengukur signifikansi perbedaan antara 2 kelompok data berpasangan berskala ordinal atau interval tetapi berdistribusi tidak normal. Uji Wilcoxon Signed Rank Test merupakan uji alternatif dari uji pairing t test atau t paired apabila tidak memenuhi asumsi normalitas.

Dataset

Sebagai contoh seorang manajer SDM ingin mengetahui apakah sebelum dan sesudah mengikuti traning  apa ada perbedaan  pengetahuan karyawan. Kepada 10 karyawan di berikan tes sebelum traning dan setelah mengikuti traning karyawan tersebut diberikan test lagi.

Kotak Dialog untuk Non Parametrik

Setelah Bandistats terbuka, pilih Tab Non Parametrik  seperti gambar di bawah ini.

Klik "Wilcoxon test "maka  kotak dialog Wilcoxon test muncul.

Pada kotak variabel 1 sorot semua data sebelum traning yang ada dikolom A dan setelah traning  yang ada dikolom B  "kecuali judul variabel". Pada Test Type hanya ada dua pilihan yaitu Wilcoxon dan Sign, silahkan centang keduanya

Untuk menampilkan Output klik OK, untuk mengulangi pilih data klik Reset dan untuk keluar/membatalkan  pilih Cancel. Hasil Output akan  ditampilkan pada Sheet baru.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -2,803 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,005 di mana kurang dari 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara pengetahuan karyawan sebelum dan sesudah traning.