Tutorial ini akan membantu  dalam analisis korelasi menggunakan korelasi Pearson dan Spearman, di Excel dengan aplikasi Bandistats. 

Dataset

Untuk contoh data terdiri dari empat variabel yaitu: Kinerja Karyawan, Motivasi Kerja,  Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja yang terdiri dari 85 data. 

Kotak Dialog untuk Analisis Korelasi

Menyiapkan kotak dialog untuk uji korelasi. Setelah Bandistats terbuka, pilih Tab Correlate and Regression seperti gambar di bawah ini.

Klik "Correlation"maka  kotak dialog Correlation akan muncul.

Ada dua pilihan dalam analisis korelasi yaitu Bivariate correlation dan Create Matrix Correlations. 

Bivariate Correlation

Untuk pilihan ini hanya bisa digunakan untuk analisis korelasi dua variabel dengan tiga uji yang disediakan yaitu: pearson, Spearman dan kendal's tau b. Untuk pilihan default yaitu Pearson korelasi.

Untuk melakukan uji korelasi bivariate, misal kita akan melakukan uji korelasi antara kinerja karyawan dengan motivasi kerja pada kotak Variable 1 sorot data  variabel kinerja karyawan "kecuali judul variabel" dan pada kotak Variable 2 sorot data  variabel motivasi kerja

Pilihan default yaitu Pearson korelasi. jika ingin analisis yang lain beri centang pada Spearman dan Kendall's tau b. Untuk menampilkan Output klik OK, untuk mengulangi pilih data klik Reset dan untuk keluar/membatalkan  pilih Cancel. Hasil Output akan  ditampilkan pada Sheet baru.

Kesimpulan

Kesimpulannya, dalam tutorial ini, kita telah melihat uji korelasi Pearson, Spearman dan Kendall's tau b . Hasil uji menunjukan nilai sig (2-tailed) ketiga uji  < 0.05. sehinga disimpulkan ada korelasi antara kinerja karyawan dengan motivasi kerja.

 Create Matrix Correlations

Untuk pilihan ini bisa digunakan untuk membuat matrik korelasi dari beberapa variabel berdasarkan korelasi Pearson. Untuk membuat matrik korelasi  pada kotak Variable 1 sorot data  variabel kinerja karyawan "kecuali judul variabel" dan pada kotak Data  sorot semua variabel "kecuali judul variabel".

Untuk menampilkan Output klik OK, untuk mengulangi pilih data klik Reset dan untuk keluar/membatalkan  pilih Cancel. Hasil Output akan  ditampilkan pada Sheet baru.


Kesimpulan

Kesimpulannya, dalam tutorial ini, kita telah melihat uji korelasi Pearson dari semua variabel dalam bentuk matrik. Jumlah variabel yang dianalisis ada empat dengan jumlah data 85 dan nilai r critis taraf 5% sebesar 0.213. dari hasil matrik korelasi semua variabel saling berkorelasi karena nilainya > 0.213.