Dalam penelitian biasanya variabel dirumuskan sebagai suatu variabel laten (variabel yang tidak diukur secara langsung tetapi mengunakan indikator-indikator penyusun variabel tersebut). Indikator-indikator penyusun variabel biasanya diamati dengan mengunakan kuesioner. Skala dalam pengukuran dengan kuesioner secara umum dan digunakan secara luas biasanya mengunakan skala LIKERT.

Pengertian validitas secara sederhana adalah bisa mengukur apa yang seharusnya diukur. Sebuah alat timbang badan dikatakan valid apabila digunakan dapat memberikan informasi yang benar sesuai dengan kenyataan. Hal ini juga berlaku untuk instrumen penelitian (dalam hal ini pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner) harus bisa mengukur/mengungkap pendapat responden pada suatu hal misal kepuasan pelayanan. Jadi validitas dapat diartikan kemampuan dari instrumen untuk mengukur secara benar atau aktual apa yang seharusnya diukur dan tidak ada kesalahan dalam penarikan kesimpulan.

Teknik pengujian yang sering digunakan para peneliti untuk uji validitas adalah menggunakan korelasi Bivariate Pearson (Produk Momen Pearson). Untuk menghasilkan nilai koefisien validitas yang baik apabila jumlah item peryataan kurang dari 30 agar diperoleh nilai informasi yang akurat mengenai koefisien validitas maka kita mengunakan formula yang akan menghasilkan koefisien validitas terkoreksi yang disebut Corrected item-total correlation coefficient.

Konsep reliabilitas dapat diartikan bahwa suatu instrumen cukup dapat dipercaya sebagai alat pengumpul data. Reliabel artinya dapat dipercaya atau dapat dihandalkan. Untuk menguji reliabilitas non tes biasanya digunakan uji Cronbach’s Alpha

Dataset

Sebagai contoh kita akan menguji vaditas dan reliabilitas intrumen variabel motivasi kerja yang berjumlah 10 item pertanyaan yang diberikan kepada 30 responden.

Kotak Dialog untuk uji Validitas

Setelah Bandistats terbuka, pilih Tab Instrument Tes  seperti gambar di bawah ini.

Klik "Validity Test "maka  kotak dialog Analiysis Aitem muncul.

Pada Data Range sorot semua data  "kecuali judul variabel". Pada Validity  silahkan centang pada Item-total Correlation (ini menampilkan korelasi product Moment). Kemudian centang pada Corrected item-total correlation untuk menampilkan koefisien korelasi yang terkoreksi. Untuk menampilkan hasil uji reliabilitas centang pada Alpha cronbach’s.

      

Untuk menampilkan Output klik OK, untuk mengulangi pilih data klik Reset dan untuk keluar/membatalkan  pilih Cancel. Hasil Output akan  ditampilkan pada Sheet baru.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil uji validitas 10 item pertanyaan dengan 30 responden diperoleh nilai r tabel 0.361. Sehingga dapat diartikan batas nilai koefisien validitas dikatakan valid bila nilainya > 0,361. Dari contoh di atas kesepuluh item hanya ada satu item yaitu item 4 yang mempunyai nilai koefisien validitas < 0,361 dan nilai p-value > 0.05 sehingga item no 4 diyatakan gugur/tidak valid. Nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.841 yang lebih besar dari 0,60 sehingga intrumen penelitian reliabel.