Pada prinsipnya, tujuan uji dua sampel bebas adalah ingin mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata (mean) antara dua populasi, dengan melihat rata-rata dua sampelnya. Independen t-test dilakukan untuk membandingkan perbedaan antara dua nilai rata-rata sampel yang idealnya untuk menguji riset eksperimental apakah ada perbedaan antara rata-rata kelompok group kontrol dengan rata-rata kelompok group perlakuan/eksperimen. Asumsi-asumsi yang harus dipenuhi dalam uji T-test antara lain data diukur dalam skala interval atau rasio, data harus terdistribusi normal (uji normalitas) dan varian harus homogen (uji Homogenitas).

Dataset

Sebagai contoh seorang peneliti ingin menguji dua metode yang berlainan digunakan untuk menentukan kadar protombin dalam plasma. Metode  1 digunakan pada 10 subjek sebagai kontrol dan Metode 2 digunakan pada 10 subjek sebagai perlakuan. Kadar protombin dinyatakan dalam mg/100 ml. hipotesis yang diajukan adalah:

Ho = Kedua metode menghasilkan rata-rata yang sama

H1 = Kedua metode menghasilkan rata-rata yang berbeda

Kriteria uji : Tolak Ho jika thitung  > ttabel ;df n1+n2 - 2 atau p-value < α

Kotak Dialog untuk Independent-Sample T test

Setelah Bandistats terbuka, pilih Tab Compare Mean seperti gambar di bawah ini.

Klik "Independent Sample T test "maka  kotak dialog Independent  Sample T test muncul.

Pada kotak variabel 1 sorot semua data Metode 1 yang ada dikolom A dan Metode 2 yang ada dikolom B  "kecuali judul variabel". Pada Hypotesis Test biarkan kotak alpha pada taraf signifikan 0.05 jika ingin dirubah bisa gunakan taraf signifikan yang lain missal 0,10 atau 0,01. Untuk pengujian bisa kita pilih uji 2 sisi/ Sig-two tail atau uji 1 sisi/Sig-one tail. Secara default pengujian pada 2 sisi.

Untuk menampilkan Output klik OK, untuk mengulangi pilih data klik Reset dan untuk keluar/membatalkan  pilih Cancel. Hasil Output akan  ditampilkan pada Sheet baru.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai t hitung sebesar -0.258 dan nilai t tabel dengan df 38 taraf signifikan 0.05 diperoleh nilai 2.024. karena nilai t tabel < thitung dan sig two tail > 0.05 maka dapat disimpulkan kedua metode memberikan hasil rata-rata yang sama dalam arti kedua metode memberikan hasil yang sama dalam menurunkan kadar proto