Uji Mann Whitney merupakan uji non parametrik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan median dari dua sampel yang independen. Uji ini digunakan ketika data tidak memenuhi asumsi normalitas. Uji ini adalah uji alternatif dari uji t independen dalam uji parametric jika asumsi normalitas tidak terpenuhi. Hipotesis uji Mann-Whitney hamper sama dengan uji t independen. Namun perbedaannya pada uji Mann-Whitney didasarkan pada perbedaan tendensi sentral, sedangkan pada uji t, didasarkan pada perbedaan nilai rata-rata.

Dataset

Sebagai contoh seorang manajer SDM ingin mengetahui apakah dua traning yang berbeda memberikan hasil yang sama terhadap tingkat pengetahuan karyawan. Traning  A  diberikan pada 10 karyawan dan Traning B diberikan pada 10 karyawan

Kotak Dialog untuk Non Parametrik

Setelah Bandistats terbuka, pilih Tab Non Parametrik  seperti gambar di bawah ini.

Klik "Mann Whitney test "maka  kotak dialog Mann Whitney test muncul.

Pada kotak variabel 1 sorot semua data Traning A yang ada dikolom A dan Traning B yang ada dikolom B  "kecuali judul variabel". Pada Test Type hanya ada satu pilihan yaitu Mann-Whitney U.

Untuk menampilkan Output klik OK, untuk mengulangi pilih data klik Reset dan untuk keluar/membatalkan  pilih Cancel. Hasil Output akan  ditampilkan pada Sheet baru.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai mann-Whitney U sebesar 7,5. Apabila dikonversikan ke nilai Z maka besarnya -3,2127. Nilai Sig atau P Value sebesar 0,0013 < 0,05.  Apabila nilai p value < batas kritis 0,05 maka terdapat perbedaan bermakna antara dua metode traning yang digunakan.