Kolmogorov-Smirnov dan Jarque-Bera test normality

Uji normalitas memungkinkan untuk mengetahui apakah kumpulan data  mengikuti distribusi normal. Normalitas data merupakan asumsi yang diperlukan dalam metode pemodelan statistik umum. Uji normalitas melibatkan hipotesis nol bahwa variabel yang dijadikan sampel mengikuti distribusi normal. Dengan demikian, nilai p yang rendah menunjukkan rendahnya risiko kesalahan ketika menyatakan data tidak normal. Dengan kata lain, jika p-value < ambang risiko alpha, maka data tersebut secara signifikan tidak normal. Beberapa test yang bisa digunakan untuk menguji normalitas adalah uji Kolmogorov-Smirnov dan Jarque-Bera serta melihat probability plot.

Dataset

Untuk contoh data terdiri dari tiga variabel yaitu: Kepuasan Konsumen, Citra Merek dan Harga yang terdiri dari 30 data

Kotak Dialog untuk Normality test

Menyiapkan kotak dialog untuk normality test.Setelah Bandistats terbuka, pilih Tab General Statistics seperti gambar di bawah ini.

Klik "Normality test"maka  kotak dialog Normality test muncul.Pada kotak Select Only Variable sorot data pada satu variabel "kecuali judul variabel". Pada bagian Test Type sudah tercentang pilihan Kolmogorov-Smirnov. Keemudian centang pada Jarque-Bera dan Probability Plot.

Catatan:

  • Menu ini hanya bisa digunakan untuk data numerik/angka
  • Jumlah variabel yang bisa dianalisis hanya 1 variabel

Untuk menampilkan Output klik OK, untuk mengulangi pilih data klik Reset dan untuk keluar/membatalkan  pilih Cancel. Hasil Output akan  ditampilkan pada Sheet baru.